LPPD DESA KADUGEDE TAHUN 2011


KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) Desa Kadugede Tahun 2010 telah disusun sebagai wujud rasa tanggung jawab diakhir tahun.

Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) Desa Kadugede Tahun 2010 disusun secara sistematis untuk disampaikan kepada Bapak Bupati Kuningan sebagai bahan evaluasi dan penilaian kinerja selama Tahun 2010 serta sebagai bahan perbaikan kinerja Pemerintah Desa tahun berikutnya.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun 2010 tidak lepas dari kekurangan dan kelemahan serta belum memenuhi harapan masyarakat, mengingat keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan pengalaman kami selaku penyelenggara Pemerintahan Desa Kadugede. Oleh karena itu kritik, saran dan partisipasi semua pihak sangat kami harapkan sebagai pencerahan penyelenggaraan roda Pemerintahan Desa kedepan.

Akhirnya dengan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan do’a restu semua pihak, semoga tugas pengabdian kami di masa yang akan datang akan lebih baik dan mendapat ridho dari Alloh SWT. Amin.


Kadugede,   Januari 2011
                                                                       KEPALA DESA KADUGEDE


                                                                         MAMAN ABDUROHMAN


 

Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kadugede Tahun 2010                                                                          i



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR                                                                                         i
DAFTAR ISI                                                                                                 ii
BAB I    PENDAHULUAN
A.  Dasar Hukum                                                                                          2
B.  Kondisi Umum                                                                                         3

BAB II   PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
A.  Bidang Pemerintahan                                                                               12
B.  Bidang Pembangunan                                                                              15
C.  Bidang Ketertiban dan keamanan                                                              22
D. Bidang KKemasyarakatan                                                                         22

BAB III   PELAKSANAAN APBDES
A.  Jumlah Anggaran Pendapatan                                                                  25
B.  Jumlah Belanja Rutin                                                                               26
C.  Jumlah Belanja Pembangunan                                                                  27

BAB IV   PENUTUP
1. Permasalahan dan Problem Solving                                                          28
2. Penutup                                                                                                29

LAMPIRAN-LAMPIRAN




 
                                                      
KATA PENGANTAR
 

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya sehingga Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) Desa Kadugede Tahun 2011 telah selesai disusun sebagai wujud rasa tanggung jawab diakhir tahun.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun 2010 tidak lepas dari kekurangan dan kelemahan serta belum memenuhi harapan masyarakat, mengingat keterbatasan kemampuan dan pengalaman kami. Oleh karena itu kritik, saran dan partisipasi semua pihak sangat kami harapkan sebagai pencerahan penyelenggaraan roda Pemerintahan Desa kedepan.

Dalam kesempatan ini kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Kadugede yang senantiasa membantu, mendukung dan mensukseskan program-program Pemerintah  Desa. Semoga amal kebaikan seluruh warga masyarakat mendapat balasan yang berlipat dari Allah SWT.

Akhirnya kami mohon  do’a restu dari seluruh warga masyarakat, semoga tugas pengabdian kami di masa yang akan datang akan lebih baik dengan mendapat ridho dari Allah SWT. Amin.


                                                                             Kadugede,   Januari 2011
                                                                             KEPALA DESA KADUGEDE



                                                                                MAMAN ABDUROHMAN





BAB I

PENDAHULUAN


Desa Kadugede terletak disebelah selatan Kota Kuningan dengan jarak 5 km dari pusat Pemerintahan Kabupaten Kuningan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan Kabupaten Kuningan. Betapa tidak, Desa Kadugede  merupakan eks ibu kota Kewadanaan yang nota bene kota Kecamatan sehingga menjadi barometer kemajuan di daerah Kuningan bagian selatan.

Desa Kadugede membentang dari selatan ke utara, menghampar dari barat ke timur yang ditumbuhi dengan aneka ragam pepohonan yang hijau, berpercikan air mengalir disana-sini, dihiasi kuningnya sawah menghampar menghiasi bumi Kadugede yang asri dibelah oleh Sungai Cisanggarung sebagai bukti Desa kadugede adalah Desa subur makmur loh jinawi.

Letak Desa Kadugede sangat strategis karena berada diwilayah jalan propinsi dan kabupaten. Strategis dari sudut perekonomian, strategis bagi sosial culture, strategis bagi pengembangan pembangunan. Sudah menjadi route perjalanan bagi pewisata/penjiarah berhenti di Mesjid jami Baiturrohman untuk beristirahat dan sholat.

Mesjid jami Baiturrohman Desa Kadugede menjadi terkenal dikalangan penjiarah atau orang yang sedang dalam perjalanan. Hampir setiap hari ada rombongan penjiarah/berwisata berhenti di di Desa Kadugede menunaikan ibadah sholat. Sebelum melaksanakan sholat biasanya penjiarah makan-makan dulu di Alun-alun yang teduh oleh pohon beringin.

Desa Kadugede terbagi kedalam 5 dusun yakni Dusun Manis, Kliwon, Wage, Pahing dan Puhun, 12 Rukun Warga (RW) dan 28 Rukun Tetangga (RT) dengan panjang jalan desa beraspal 8 km dalam kondisi bervariasi ada yang masih baik, begitu juga yang harus segara diperbaiki juga masih ada.




A.     DASAR HUKUM
Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) adalah suatu proses pembelajaran kinerja yang harus dilaksanakan oleh Kepala Desa berkaitan dengan  hak, wewenang dan kewajiban yang telah dilaksanakan serta mengimplementasikan segala perundang-undangan dan peratuturan; baik Peraturan Daerah, Peraturan Desa maupun pembantuan Pemerintah lebih tinggi dalam kurun waktu satu tahun.

Desa adalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk yang merupakan suatu kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintah terendah dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut kaidah ketatanegaraan struktur pemerintahan di Indonesia mempunyai 4 tingkatan pemerintahan:
1.     Pemerintah Pusat dipimpin oleh Presiden dan Wakil Presiden.
2.     Pemerintah Propinsi dipimpin oleh Gubernur dan Wakil Gubernur
3.  Pemerintah Kabupaten/kota dipimpin oleh Bupati/Walikota dan wakil Bupati/Wakil Walikota.
4.     Pemerintah Desa dipimpin Kepala Desa

Pemerintah Desa dengan segala ketentuan yang mengaturnya dalam segi tugas dan kewajibannnya mempunyai persamaan yakni sebagai alat untuk mencapai tujuan Negara, sebagaimana yang digariskan dalam pembukaan UUD 1945.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah harus menempuh kebijakan- kebijakan yang merupakan pola pemikiran yang dituangkan dalam suatu Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa serta Keputusan Kepala Desa sebagai implementasi dari Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) merupakan daya dukung untuk melahirkan berbagai Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa  dan merupakan wujud nyata berjalannya roda Pemerintahan Desa dengan berpedoman kepada perundang-undangan dan peraturan yang berlaku bagi Desa.


Adapun perundangan-undangan dan peraturan bagi Desa sebagai
1.   Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
2.   Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa.
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1999 tentang Teknik Penyusunan Perundang-undangan dan bentuk Rancangan Undang-undang, Peraturan Pemerintah dan Rancangan Keputusan.
4.  Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 8 Tahun 2000 tentang Susunan organisasi Pemerintah Daerah.
5.   Peraturan Daerah kabupaten Kuningan Nomor 16 tahun 2006 tentang Susunan Organisasi dan Tatakerja Pemerintahan Desa.
6.   Peraturan Daerah kabupaten Kuningan Nomor 17 Tahun 2006 tentang Badan Permusyawaratan Desa.
7.   Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 19 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.
8.   Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 12 tahun 2000 tentang Peraturan Desa.


B.  KONDISI UMUM
Desa Kadugede dilihat dari trofografi dan kontur tanah secara umujm dataran dan perbukitan berada pada ketinggian ± 750 – 775 dari permukaan dengan suhu udara diperkirakan antara 220C – 280C, curah hujan antara 1114-2000 mm/th dengan kemiringan tanah antara 00 – 150. Secara keseluruhan sebagai desa agraris, maka usaha pertanian, peternakan dan perkebunan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
Gambaran umum mengenai Desa Kadugede meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Luas Wilayah
Data terakhir mengenai luas wilayah Desa Kadugede sesuai hasil Pengukuran klantingan PBB  yang dilaksanakan pada tahun 2003, yakni seluas 320,080 Ha dengan batas-batas sebagai berikut:
      Sebelah barat                   :  Desa Nusaherang dan Bayuning
      Sebelah selatan                :  Desa Sindang jawa
      Sebelah utara                   :  Desa Babatan
      Sebelah timur                   :  Desa Ciketak



2.    Jumlah Penduduk
2.1 Penduduk Tahun 2010 berjumlah 4.204 jiwa terdiri dari :
      - Laki-laki                               :           2.114    orang
                                                        - Perempuan   :          2.090       orang
          2.2 Jumlah Kepala Keluarga 1.128 KK terdiri dari :
           - Laki-laki                               :          1.049     KK                 
           - Perempuan                           :              79      KK
          2.3 Jumlah Hak Pilih 3.438 orang terdiri dari :
                                                        - Laki-laki :          1.822    orang        
                                                        - Perempuan   :          1.616    orang           
          2.4 Jumlah Rumah Penduduk 987 rumah terdiri dari :
                                                        - Permanen    :            940    rumah
                                                         - Semi Permanen :              47    rumah
          2.5 Perubahan Penduduk          
                                                        2.5.1 Penduduk yang lahir berjumlah 69 orang terdiri dari :
                                                         - Laki-laki :              39    orang
                                                         - Perempuan  :                  30    orang
             2.5.2 Penduduk yang mati berjumlah 30 orang terdiri dari :
                                                         - Laki-laki :                   14    orang
                                                         - Perempuan  :                  16    orang
                  2.5.3 Penduduk yang pindah berjumlah  15 orang terdiri dari :
                                                       - Laki-laki  :                     9    orang
                                                       - Perempuan    :                    6    orang
                 2.4.4.Penduduk yang datang berjumlah 7 orang terdiri dari :
                                                       - Laki-laki :                4     orang
                                                       - Perempuan    :                    3     orang

 



     Data Aparat Pemerintah Desa dan Anggota BPD
Sebagaimana diatur dalam Undang –Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 16 Tahun 2006  tentang Susunan Organisasi Pemerintah Desa dan Peraturan Bupati Kuningan Nomor 22 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi Tata Kerja Pemerintah Desa yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Desa Nomor 4 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa Kadugede dengan susunan dan personalia sebagai berikut:
 
1.
Kepala Desa
SK Bupati Kuningan
Tanggal
:
:
:
MAMAN ABDUROHMAN
141.1/KPTS.215-des/2008
03 Juli 2008
2.
Sekretaris Desa
SK Bupati Kuningan
Tanggal
:
:
:              
HIDAYAT
813/KPTS.368-BKD/2009
01 Juni 2009
3.
Pelaksana Bidang Pemerintahan
(Ngabihi)
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal

:                 
:
:

OYO KUSNOYO
141.3/KPTS.18-Pemdes/2008
12 September 2008
4.
Pelaksana Bidang Ekbang
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
YAYAT HIDAYAT
141.3/KPTS.18-Pemdes/2008
12 September 2008
5.
Pelaksana Bidang Kesra
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
B. ZAKARIA
141.3/KPTS.18-Pemdes/2008
12 September 2008
6.
Rurah Dusun Manis
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
DIDI SUHEDI
141.32/KPTS.18-Pemdes/2008
12 September 2008
7.


Rurah kliwon
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal  
                 
:
:
UDI
141.32/KPTS.15-PemDes/2008
12 September 2008.
8.
Rurah Wage
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
YUYUN YUNINGSIH
141.32/KPTS.18-Pemdes/2008
12 September 2008
9.
Rurah Pahing
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
OO MAHPUDIN.SE
141.32/KPTS.09-Pemdes/2009
07 Desember 2009
10.
Rurah Puhun
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
IWAN RIDWAN
141.32/KPTS.17-Pemdes/2008
12 September 2008
11.
Pesuruh Desa
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
MUMUNG MULYAD
141.32/KPTS.18-Pemdes/2008
12 September 2008
12.
Pesuruh Desa
SK Kepala Desa Kadugede
Tanggal
:                 
:
:
ABDUL SAJID
141.32/KPTS.18-Pemdes/2008
12 September 2008


3.1.       Data Keanggotaan BPD
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diangkat berdasarkan Surat Keputusan Camat Kadugede Nomor : 141/KPTS.09-Pemdes/2007 dengan komposisi kepengurusan sebagai berikut :
          Ketua                                 :  Otong Hasbana, M.Pd.
          Wakil Ketua                        :  H. Udi Maksudi, S.Pd.
          Sekretaris                           :  Dedik Purnaman, Amd.Kep.
          Anggota                                  :  1. S. Hartono
                                                     2. Dodo Haryono
                                                     3. Iwan Komala, Ama.Pd.
                                                     4. Toto Sumito, S.Pd.
                                                     5. Jaenal Aripin, S.Pd.I., M.Pd.
                                                     6. Holil, S.Pd.
                                                     7. Maman Damanhuri, S.Ag.
                                                     8. Drs. Maman Suparman, M.Pd.      

 
                                                     
     4.  Data Lembaga Kemasyarakatan Desa
4.1.   Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 141/KPTS.03-Pemdes/2009 Pengurus LPM Desa Kadugede masa bhakti 2009-2014 sebagai berikut:
Ketua                                   :  Drs. Haris Hasyim Asy’ari, M.Pd.
Wakil Ketua                           :  Acud Mashudi, S.Pd.
Sekretaris                             :  Oos Suhara, S.Pd.
Wakil Sekretaris                     :  Nonon Gumelar
Bendahara                            :  M. Apip, S.Ip.
Wakil Bendahara                    :  K. Syapaat Habib        
Seksi Pembangunan               :  Dede Rustandi
Seksi Ekonomi                       :  Drs. Andasyah
Seksi Seni Budaya                  :  Drs. Yono Suryono



4.2.   Lembaga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Kadugede Nomor 141/KPTS.06-Pemdes/2009 dengan komposisi dan susunan kepengurusan sebagai berikut :
Ketua                                   :    Ny. Ipah Ma’ripah
Wakil Ketua                           :    Ny. Tutun Sutini
Sekretaris                             :    Ny. Kokom Komariah
Bendahara                            :    Ny. Yuyun Yuningsih
Pokja I                                 :    Ny. Tuti
Pokja II                                :    Ny. Endah Nurhaidah
Pokja III                               :    Ny. Kenti
Pokja IV                               :    Ny. Lia

         
        4.3.  Lembaga Desa Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di angkat berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Kadugede Nomor 141/ KPTS. 23- Pemdes/2008 dengan nama-nama sebagai berikut:
                 a.  Ketua  RW 01                   :    T.E. Rustamaji
                      Ketua RT 01                     :    E. Sutisna (almarhum)
                      Ketua RT 02                     :    mengundurkan diri karena sibuk
                 b.  Ketua RW 02                    :    Sarnen Aripin
                      Ketua RT 03                     :    Memed Ahmad Ma’sum, S.Pd.
                      Ketua RT 04                     :    Eman Suherman
                      Ketua RT 05                     :    Ahmad Nilek
                 c.  Ketua RW 03                    :    Moh. Satriaman
                                  Ketua RT 10                     :    Jamil Karim
                                  Ketua RT 11                     :    Darman
                                  Ketua RT 27                     :    Solihin
                                  Ketua RT 28                     :    Ujang Sujana
                             d.  Ketua RW 04                    :   M. Soleh
                                  Ketua RT 06                     :    Sodik
                                  Ketua RT 07                     :   Syahrudin
                             e.  Ketua RW 05                    :   Ojo Darja
                                  Ketua RT 08                     :   Abdul Sajid
                                  Ketua RT 09                     :   Nono Juhana                      
                             f.   Ketua  RW 06                   :    Hasan
                                  Ketua RT 12                     :    Didi Mulyadi
                                  Ketua RT 13                     :    Suharum
                 g.  Ketua RW 07                    :    Apeh Apandy
                      Ketua RT 14                     :    Parno
                      Ketua RT 15                     :    Kaman
                 h.  Ketua RW 08                    :    Kusdi
                      Ketua RT 16                     :    Sumaka
                      Ketua RT 17                     :    Didi Sabdi
                 i.   Ketua RW 09                    :    H. Kusmadi
                      Ketua RT 18                     :    Uud Tarsudin
                      Ketua RT 19                     :    Opang Sopyan
                 j.   Ketua RW 10                    :    Mas’ud
                      Ketua RT 20                     :    Rahmat
                      Ketua RT 21                     :    Sarji
                      Ketua RT 22                     :    Sukari       
                 k.  Ketua RW 11                    :    Iing Solihin, S.Pd.
                      Ketua RT 23                     :    Saom
                      Ketua RT 24                     :    Darja
                 l.   Ketua RW 12                    :    Wawan Ridwan, BA.
                      Ketua RT 25                     :    E. Ismail
                      Ketua RT 26                     :    Sajim
                     
     5   Data Inventaris Kekayaan Desa
          5.1.Invenataris Kekayaan Bangunan / Fasilitas Umum
                 -    Gedung Bale Desa                       :  1    buah
                 -    Gedung Serba Guna                    :  1   buah
                 -    Mesjid                                       :   4   buah
                 -    Langgar/Mushola                        :  28 buah          
                 -    SD / MI                                     :  4    buah
-    SMP / MTs                                 :  2   buah          
-    SMA/SMK                                  :  3   buah
-    Pondok Pesantren                      :  8   buah
-    Puskesmas                                 :  1   buah
-    Perguruan Tinggi                        :  1   buah 
-    Terminal                                   :  1   buah                    
-    Pasar                                        :  1   buah 
-    K U A                                        :   1   buah
-    Pom Bensin                               :   1   buah
-    Poskesdes                                 :   1   sbuah                  
 
         
          5.2.  Inventaris Kekayaan Desa lainnya
                 -    Tanah Bengkok                          : 7.151  Ha.
                 -    Tanah Titi Sara                           :       
                     - Sawah                                     : 0,377  Ha.
                     - Darat                                       : 0,978  Ha.
                 -    Tanah Kuburan                           :    2,6  Ha.
                 -    Tanah Pengangonan / GG            : 22,135 Ha.
                 -    Motor Dinas                               :       1  Unit
                 -    Komputer                                  :       1  Unit
                 -    Mesin Tik                                   :       2  buah
                 -    Meja Kerja                                 :       5  buah
                 -    Meja Rapat                                :       1  buah
                 -    Bangku Kayu                              :       2  buah
                 -    Kursi Plastik                               :       -  buah
                 -    Kursi Besi                                   :     25  buah
                 -    Lemari Arsip                              :       2 buah
                 -    Rak arsip                                   :       1 buah
                 -    Papan Monografi                        :       5  buah
                 -    Papan Struktur Pemerintah Desa  :        1  buah
                 -    Papan Pengumuman                    :       -  buah
                 -    Papan  Data KB                          :       1 buah
                 -    Papan Struktur Lembaga 
                      Desa dan lembaga kemasya-
                      rakatan Desa (BPD,LPM,
                      Karang Taruna, Desa Siaga,
                      Dasolin,Donor Darah,
                      Posyandu, Posbindu)                   :       6  buah
                 -    Plang 10 program PKK                :       1 buah
                 -    Televisi                                      :       -  Unit
                  -    Meja Posyandu                           :       -  buah
                 -    Photo Presiden                           :       1  buah
                 -    Photo Wakil presiden                  :       1  buah
                 -    Photo Bupati                              :       1  buah
                 -    Photo Wakil Bupati                     :       1  buah
                 -    Gambar Garuda                          :       1 buah
                 -    Radio Tip                                   :       1  unit
                 -    Jam dinding Ukuran Sedang        :       2  buah
                 -    Jam dinding ukuran besar            :       -  buah
                 -    Bendera Merah putih                   :     13  buah


 
 
                                                              
BAB II
PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA

A.    BIDANG PEMERINTAHAN
Pada Tahun 2010 ini merupakan tahun pengaktualisasian  secara bertahap program-program yang tertuang dalam Peraturan Desa Kadugede Nomor 4 Tahun 2008 tentang Garis-garis Besar Program Desa Kadugede Tahun 2008 – 2014 dan membuat pondasi mengimplementasikan Visi dan Misi.

Salah satu pengaktualisasiannya adalah dengan diberdayakannya Desa Siaga dengan melengkapi sarana dan prasarana; mulai dari data sampai dengan pembangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang diberdayakan oleh bidan desa yang bekerja dari hari Senin sampai Jum'at dari pukul 08.00 s/d 12.00 WIB. Dengan adanya Poskesdes masyarakat lebih terlayani lagi, karena dekat dengan masyarakat. Dan pada Tahun 2010 Desa Kadugede mendapat penghargaan dengan menjuarai Lomba Desa Tingkat Desa Siaga Kecamatan Kadugede. Pada Lomba Desa Siaga Tingkat Kabupaten Kuningan Desa Siaga Desa Kadugede mendapat juara III.

Susunan Pengurus Desa Siaga
Penanggung jawab                                 :   Kepala Desa Kadugede
Ketua                                                     :   Otong Hasbana, M.Pd.
Sekretaris                                              :   Hidayat, S.Ap.
Bendahara                                             :   Mas'ud
Koordinator Forum Masyarakat Desa         :  Holil, S.Pd.
Koordinator Survailence                          :  Rizal Zam'an, SKM.
Koordinator PHBS                                   :  Titin Sutini
Koordinator Pelayanan Kesehatan Dasar    :  Iin Herlina, S.Keb.
Koordinator                                           :  Kokom Komariah, Ama.Pd.    
Koordinator                                           :  Cucu Carida
Koordinator Kesehatan Lingkungan           :  Eni Rohaeni, Ama.Kl.
                              

         
Adapun produk hukum yang telah ditetapkan pada Tahun 2010 sebagai berikut:
a.   Peraturan Desa
1.    Peraturan Desa Kadugede Nomor 1 Tahun 2010 tentang Sewa/Kontrak
Los/kios   Pasar Desa Kadugede.
2.    Peraturan Desa Kadugede Nomor 2 Tahun 2010 tentang Pungutan Desa
3.    Peraturan  Desa  Kadugede   Nomor 3  Tahun  2010 tentang APBDes Tahun 2010.
4.    Peraturan Desa Kadugede Nomor 4 Tahun 2010 tentang SOTK Pemerintah Desa Kadugede.
5.    Peraturan   Desa   Kadugede    Nomor    5    Tahun    2010  tentang   Penetapan Pendayagunaan Tanah Bengkok eks Sekretaris Desa Kadugede.
6.    Peraturan  Desa  Kadugede  Nomor  6 Tahun  2010  tentang  Perubahan APBDes Tahun 2010.

b.   Surat Keputusan Kepala Desa
1.       SK Kepala Desa Kadugede Nomor 141.4/KPTS.01-Pemdes/2010 tentang Pengangkatan Sdr. Hidayat sebagai Bendahara Desa Kadugede;
2.       SK Kepala Desa Kadugede Nomor 141/KPTS.02-Pemdes/2010 tentang Pengangkatan Pengelola   Lapang Sepak Bola Desa Kadugede;
3.       SK Kepala Desa Kadugede Nomor 141.4/KPTS.03-Pemdes/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan APBDes Tahun 2010;
4.       SK Kepala Desa Kadugede Nomor 141/KPTS.04-Pemdes/2010 tentang Pengangkatan Pengelola Pungutan Air Leles Desa Kadugede;
5.       SK Kepala Desa Kadugede Nomor 141/KPTS.05-Pemdes/2010 tentang Pengurus Pungutan Pedagang di sekitar Alun-alun Desa Kadugede;
6.       SK Kepala Desa Kadugede Nomor 141/KPTS.06-pemdes/2010 tentang Petugas pemungut sewa/kontrak Los/kios Pasar Desa Kadugede;
7.       SK Kepala Desa Kadugede Nomor 141/KPTS.07-Pemdes/2010 tentang Pengangkatan Pelaksana Pembangunan jalan, Gapura Makam Blok Munjul dan Pembangunan Gapura Desa Kadugede;
 
                           
       2.  Tugas Pelayanan Kepada Masyarakat                         
            a.  Pelayanan di kantor Desa
                 Bahwa Sekretris Desa dan Palaksana Bidang Pemerintahan, Ekbang, Kesra, Pesuruh Desa dan ditambah Rurah Piket  harus masuk kerja mulai jam 07.15 sd. Jam 15.15 WIB. untuk melayani masyarakat dan pembantuan Pemerintah lebih atas baik dalam bidang adminsitrasi pembuatan keterangan, KTP, KK dan lain sebagainya. Pada hari Selasa semua Perangkat Desa diwajibkan hadir untuk mengikuti kegiatan Rapat Minggon Perangkat Desa.
            b.  Pelayanan Kepada Masyarakat di luar Jam kerja
                 Sebagai Perangkat Desa instrument dari Pemerintahan Desa dengan motto harus senantiasa siap siaga dalam rangka melayani masyarakat di luar jam kerja merupakan dinamisasi keseharian yang lumrah bahkan sudah ada  kecenderungan menjadi kewajiban. Terkadang tengah malam sedang tidur dibangunkan karena ada warga yang sakit, meninggal atau akan melahirkan untuk dibawa ke Rumah Sakit. Terkadang mengantarkan warga sakit  harus meninggalkan keluarga berhari-hari. Hal ini dilakukan semata-mata karena rasa cinta dan sayangnya Kepala Desa dan Perangkat Desa terhadap warganya. Rela dan ikhlas melayani masyarakat merupakan itikad yang harus ditanamkan pada setiap jiwa Perangkat Desa agar mendapat keberkahan kerja.
            c.  Program kemasyarakatan yang dilaksanakan pada Tahun 2010 adalah:
5.    Mengurus warga yang sakit /melahirkan berjumlah 65 orang dirujuk ke RS Kuningan, Cirebon, Bandung maupun Bogor.
6.    Mengurus warga yang meninggal dunia sebanyak 30 orang.
7.    Bersama masyarakat membuat tanggul akibat longsor di RT 14.
8.    Bersama masyarakat membangun 2 rumah Pra KS
9.    Bersama warga membersihkan lingkungan sebanyak 10 kali dll.

                                                                       
       3.  Tata Kerja dan Hubungan Kerja
Tata kerja dan hubungan kerja di Pemerintahan Desa Kadugede terejalin sangat baik, rukun dan harmonis. Baik antara Kepala Desa dengan Perangkat Desa, Pemerintah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) maupun Pemerintahan Desa dengan kelembagaan desa lainnya.

Hubungan yang dibangun Pemerintah Desa, BPD, LPM dan lembaga desa lainnya adalah hubungan yang simboisis mutualis. Hal ini dapat dilihat dari kerjasama antara Pemerintah Desa dengan BPD dan LPM sehingga mampu melanjutkan pembangunan Balai Desa bagian barat dan atap bagian depan balai Desa, atau menyusun dan membahas beberapa peraturan desa dengan alot. Hal ini untuk menghasilkan produk hukum yang diterima oleh seluruh masyarakat.

Tata Kerja dan hubungan kerja yang harmonis ini di dukung oleh segenap masyarakat yang senantiasa memberikan motivasi, saran dan bahkan bersama-sama merealisasikan program-program Pemerintah Desa.
 
                         
B. BIDANG PEMBANGUNAN
Pada Tahun 2010 program pembangunan Pemerintah Desa adalah melanjutkan pembangunan Balai Desa. Hal ini mendapat respon dari masyarakat dibuktikan dengan tak henti-hentinya mengadakan gotong royong membangun Balai desa bagian barat. Meskipun Tahun 2010 pungutan sumbangan diberhentikan sementara mengingat kondisi masyarakat. Pemerintah Desa hanya menerima sumbangan perorangan. Pada Tahun 2010 ternyata jiwa kebersamaan masyarakat Desa Kadugede sangat tinggi terbukti Panitia Pembangunan Balai Desa menerima sumbangan dari masyarakat berbentuk uang sebanyaRp. 15.000.000,- yakni dari Bapak Pei Dusun Manis menyumbang sebesar Rp. 10.000.000,- dan bapak Drs. H. Ahmad Yani, M.Si menyumbang sebesar Rp. 5.000.000,-
                                     

Pada Tahun 2010  Pemerintah dan masyarakat Desa Kadugede mendapat bantuan dari Ibu Kapolres Kuningan dengan menyumbangkan 100 dus keramik dengan nilai setara dengan Rp. 2.000.000,- Ditambah uang dari Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap I dan II sebesar Rp. 23.000.000,-

Dengan dana  sumbangan dan matrial tersebut oleh Panitia direalisasikan dengan melanjutkan pembangunan Balai Desa dibagian barat yang terdiri dari ruangan Poskesdes, Mushola dan Toilet. Ditopang oleh kerja bhakti masyarakat yang mencapai nominal Rp. 10.000.000,-.  Bahkan tidak hanya itu saja, warga masyarakat cinta akan desanya merelakan Pemerintah Desa mengadakan Korsel sebanyak 2 kali, sehingga dari korsel mendapat suntikan dana segar sebesar   Rp. 14.000.000,- yang didedikasikan untuk pembangunan Balai Desa. Sehingga berdirilah bangunan Balai Desa bagian barat yang megah mempercantik Gedung Serba Guna yang beridiri kokoh, elegan dan refresentatif.

Pembangunan yang dilaksanakan selama Tahun 2010 semakin semarak dengan mendapat bantuan sumbangan dana dari Bapak Drs. H. Ahmad Yani, M.Si salah satu warga Desa kadugede yang sukses merantau di Bekasi yang menyumbang                Rp. 3000.000,- perdusun. Sumbangan yang bersifat stimulan tersebut disambut hangat oleh seluruh masyarakat. Diawali dengan mengadakan musyawarah ditiap dusun untuk menetukan penggunaan sumbangan dengan memusyawarahkan penggalian swadaya untuk penambahan kekurangan dari dana sumbangan tersebut. Setelah musyawarah dilaksanakanm masyarakat bahu membahu membangun desa dengan mengadakan pembangunan-pembangunan secara swadaya di dusunnya masing-masing. Pada tahun 2010 ini swadaya masyarakat yang terhimpun diberbagai pembangunan berjumlah Rp. 112.000.000,- . untuk lebih rincinya pembangunan yang dilaksanakan pada Tahun 2010 sebagi berikit:

 

     a.  Sektor Pertanian.
Pada Tahun 2010 Petani Desa Kadugede kembali mendapat musibah dengan diserangnya tanaman padi oleh hama Tikus di berapa blok namun musibah ini tidak separah pada Tahun 2009. Hal ini karena diadakan gerakan pembasmian hama secara terus menerus antara Pemerintah Desa dengan masyarakat kerjasama dengan Dinas Pertanian.

Dari kondisi tersebut diatas, Pemerintah Desa bersama-sama dengan para petani dan Dinas Pertanian melakukan langkah-langkah yang bersifat pemberantasan dan antisipatif guna meningkatkan hasil panen. Adapun upaya-upaya tersebut diantaranya adalah :
          1.  Mencoba menerapkan pola tanam SRI, dimulai dengan melakukan Demplot atau tempat percontohan yang diharapkan masyarakat petani lainnya dapat meniru atau mencontoh. Dan alhamdulillah hasilnya cukup signipikan dan Insya Allah di tahun 2011 akan lebih ditingkatkan lagi.
          2.  Melakukan operasi dan monitoring secara rutin ke lapangan meninjau perkembangan pertumbuhan padi.
          3.  Mendapat bantuan benih padi berlabel dan pupuk bagi Kelompok hamparan Pakuwon.
          4.  Pemerintah Desa bersama petani mengadakan gerakan pembasmian hama Tikus.
          5. Meningkatkan pengetahuan bagi Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani dengan mengadakan Sekolah Lapangan Pembasmian Hama Terpadu (SLPHT).
    

     b.  Sektor Perekonomian
          Pada Tahun 2010 ini Desa Kadugede menerima Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Salah satu programnya adalah Simpan Pinjam Perempuan (SPP) untuk membantu menambah permodalan khusus bagi perempuan. Pada tahap pertama dana SPP telah diterimakan kepada 5 kelompok (perdusun satu kelompok) dengan jumlah nilai bantuan sebesar Rp.10.000.000,-  perkelompoknya.

          Dengan adanya program SPP tersebut sedikit demi sedikit mampu menggeliatkan urat nadi perekonomian masyarakat. Perekonomian masyarakat semakin menggeliat dengan digulirkan program Pemerintah yang bernama Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indoensia (BRI). Program tersebut disambut oleh masyarakat dan sebagai pencerahan dalam menambah modal usaha bagi pengusaha kecil. Program inipun persyaratannya tidak menjelimet relatif ringan dan mudah  cukup dengan photo kopi KTP, KK dan SPPT dilampiri photo usaha masyarakat dapat menerima pinjaman modal sebesar                 Rp. 5.000.000,-.

     c.  Sektor Perhubungan.
          Sektor Perhubungan di Desa Kadugede khususnya infra struktur yakni jalan  Tahun 2010 masih dalam kondisi layak pakai. Pada Tahun 2010 ini dalam sektor perhubungan memperbaiki jembatan Cibaliung di Blok Cikohkol RT 14 Dusun Kliwon, perbaikan jembatan Dukuh di Dusun Kliwon dan perbaikan gorong-gorong jalan di RT 12 Dusun Wage. Sedangkan perbaikan jalan tembus Wage ke Puhun melalui program PNPM Mandiri Perdesaan sepanjang 300 meter baru akan direalisasikan tahun 2011.

     d.  Sektor Pendidikan
          Fasilitas sektor pendidikan formal di Desa Kadugede Pada Tahun 2010 bertambah dengan diresmikannya Sekolah Tinggi Kesehatan Kuningan (STIKKU) yang berlokasi di Jalan Lingkar Kadugede. Dengan didirikannya STKKU tidak salah lagi kalau Desa kadugede adalah Desa Pendidikan, karena di desa Kadugede berdiri pendidikan formal lengkap mulai dari PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK ditambah STIKKU. Sehingga dengan kondisi ini masyarakat Desa Kadugede dapat melanjutkan sekolah/pendidikannya di dalam Desanya.
         
          Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajardikdas) 9 tahun di Desa Kadugede telah sukses. Pada Tahun 2010 ini Pemerintah Desa, lembaga desa bersama tokoh masyarakat mensosialisasikan Wajardikdas 12 tahun.

          Dengan diresmikannya Kampus STIKKU geliat pendidikan di Desa Kadugede semakin terasa dengan berdirinya Warnet-warnet atau kursus-kursus. Ditambah dengan sektor pendidikan non formal di Desa Kadugede telah beridiri 8 Pondok Pesantren, 5 Taman Pendidikan Al-Qur’an, 1 TK Al-qur’an.    
       
          Peraturan Daerah Kabupaten tentang Madrasah Diniyahpun berhasil direalisasikan terbukti dengan didirikannya 3 Madraasah Diniyah (MD). Ketiga Madrasah Diniyah tersebut adalah : Madrasah Diniyah Al-Anwar berlokasi di Dusun Kliwon, Madrasah Diniyah Barokatul Huda di Dusun Pahing dan Madrasah Diniyah Fathurrohman di Dusun Kliwon. Kesadaran menuntut ilmu warga masyarakat Desa Kadugede sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang menuntut ilmu di ketiga Madrasah Diniyah tersebut.
 

NO
JENIS KEGIATAN
LOKASI
VO
LUME
SUMBER BIAYA
JUMLAH
KET.
APBD
APBDES
SWADAYA
1
3

4
5
6
7
8
9
1.    
Pembangunan Balai Desa bagian barat dan depan
Pusat Desa
27x8 m
-
53.800.000
20.000.000
73.800.000

2.    
Bantuan Sarana dan prasarana Pendidikan


-
1.500.000
-
1.500.000

3.    
Bedah Rumah Sdr. Rusja di RT 02/01 Dusun Manis

1 unit
2.000.000
-
13.000.000
15.000.000

4.    
Perbaikan jalan makam dan Gapura makam
Dusun Puhun

-
-
8.000.000
8.000.000

5.    
Pembangunan Gapura Desa
Dusun Wage
1 unit
-
7.500.000
500.000
8.000.000

6.    
Membuat tanggul di senderan sungai yang longsor
Dusun Wage

-
-
5.000.000
5.000.000

7.    
Perbaikan jembatan Cibaling
Dusun Wage
1 unit
-
250.000
2.500.000
2.750.000

8.    
Pengetapan gang
Dusun Puhun

-
-
16.500.000
16.500.000

9.    
Perbaikan gorong-gorong
Dusun Wage
1 Unit
-
-
5.000.000
5.000.000

10.  
Perbaikan jembatan Dukuh
Dusun Kliwon
1 Unit
-
-
2.500.000
2.500.000

11.  
Rehab rumah Sdr. Sakum
Dusun Pahing
1 Unit
2.000.000
-
5.000.000
7.000.000

12.  
Perbaikan jalan
Dusun Wage
300 m
-
-
5.000.000
5.000.000

13.  
Perbaikan rumah warga
Se Desa
29 buah
-
-
29.000.000
29.000.000


















7
DATA PEMBANGUNAN TAHUN 2010 DESA KADUGEDE KECAMATAN KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN
 
D.    BIDANG KEAMANAN DAN KETERTIBAN
Bidang Kemanan dan ketertiban di Desa Kadugede selama tahun 2010 cukup kondusif. Pemerintah Desa bersama  masyarakat secara bahu membahu berswadaya mengadakan gerakan ronda malam di RT nya masing-masing. Walupun ronda malam tidak semua di RT melaksanakan namun secara keseluruhan keamanan dan ketertiban di Desa Kadugede terkendali.

Adapun langkah-langkah  yang ditempuh dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan adalah dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1. Membina anggota Hansip agar lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yakni dengan diadakannya pembinaan rutin minimal 1 bulan sekali diadakan rapat rutin anggota Hansip dengan Perangkat Desa.
2.  Mengoptimalkan Jadwal Piket Perangkat Desa dan Hansip.
3.  Menggerakan Siskamling di tiap Dusun

E. BIDANG KEMASYARAKATAN
     1.    Bidang Agama
Peranan Agama diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat manusia yang bermoral dan berakhlak mulia serta dapat mengeliminir pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan norma agama dan adat istiadat. Guna merealisasikannya Pemerintah Desa bersama MUI Desa, DKM dan remaja mesjid bekerjasama mengintensipkan  kegiatan keagamaan yang sudah berjalan, seperti pengajian majlis ta’lim di setiap masjid dan langgar/Mushola, kegiatan belajar mengajar Al Qur-an di madrasah-madrasah, TPA/TKA dan Pondok-pondok pesantren. Adapun kegiatan keagamaan yang telah dilaksanakan pada Tahun 2009
1.  Sholat Jum’at Keliling ke Mesjid Fathurrohman, Al-Anwar dan Baiturrohman.
2.  Sholat Dzukur keliling
3.  Tahlilan keliling
4.  Sholat Tarawih Keliling
5.  Mengukuhkan Pengurus DKM dan MUI Desa Kadugede
6.  Memperingati Isro Mi'raj Nabi Muhammad SAW
7.  Mendukung pesantren kilat  di Mesjid Baiturrohman
8.  Mensukseskan Sholat Subuh dari Kecamatan Kadugede


2.    Bidang Kesejahteraan Rakyat.
Jumlah orang miskin di Desa Kadugede sebanyak 504 Kepala Keluarga sesuai dengan penerima Raskin. Pemerintah Desa senantiasa berupaya mencari solusi dan celah sehingga kemiskinan sedikit demi sedikit dapat di minamalisir / berkurang.  Adapun upaya yang telah ditempuh adalah sebagai berikut:
a. Mengajukan program bedah rumah untuk keluarga yang tidak mampu sebanyak 2 buah rumah dan alhamdulillah telah dapat direalisasikan, yakni rumah Sdr. Uud Mas’ud di RT 09 RW 05 Dusun Kliwon dan Ny. Siti Maulidah di RT 25 RW 12 Dusun Puhun mendapat bantuan dana setimulan dari Pemerintah Daerah masing-masing sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah). Dari bantuan tersebut direspon sangat baik oleh masyarakat lingkungan setempat dengan dibuktikan jumlah bantuan swadaya yang luar biasa.
b.             Membantu menyalurkan Beras Raskin Kepada masyarakat dengan mengutamakan sekala prioritas yaitu diprioritaskan kepada masyarakat miskin.
c. Menyalurkan kartu BLT kepada Kepala Keluarga yang berhak menerimanya, menurut catatan jumlah kepala Keluarga yang menerima Bantuan Langsung Tunai adalah sebanyak 504 KK.
d. Mengajukan usulan bantuan jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin melalui program Jamkesmas dan Bantuan Gubernur semaksimal mungkin. Masyarakat yang telah mendapat kartu jamkesmas untuk tahun 2008-2009 sebanyak ......... orang. Bagi masyarakat miskin yang belum mendapatkan kartu jamkesmas akan diusahakan diusulkan kepada dinas Kesehatan untuk periode 2009.


      3.   Bidang Kesehatan Masyarakat
Dalam menunjang kesehatan masyarakat dan mewujudkan Desa Siaga Desa Kadugede pada tahun 2010 telah dibuka Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) bertempat di sebelah barat Gedung Serba Guna. Poskesdes ini dibuka untuk memperdekat dan mempermudah masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Poskesdes ini dikelola oleh Pemerintah Desa, Pengurus Desa Siaga dengan Bidan Desa sebagai pos kesehatan pembantu dari Pusat Kesehtan Masyarakat(Puskesmas) Kecamatan Kadugede.

Bahwa untuk tercapainya keberhasilan pelaksanaan Program Akselerasi Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia  Tahun 2010 bidang kesehatan masyarakat perlu ditunjang oleh Fasilitator Desa yang memadai untuk dapat menginflementasikan Program/kegiatan, maka kami telah membentuk Forum Peduli Sehat.

Dan demi terwujudnya kesehatan lingkungan masyarakat pemerintah telah memberikan dana bantuan stimulan yang bersifat pinjaman bergulir. Kami bersama Forum Peduli Sehat dan  UPTD Puskesmas Kadugede dana tersebut telah disalurkan kepada masyarakat yang betul betul ingin melaksanakan kegiatan Plesterisasi dan jambanisasi dengan jumlah peminjam untuk Jambanisasi sebanyak 32 Kepala Keluarga dan untuk Plesterisasi sabanyak 39 Kepala Keluarga.





BAB III
PELAKSANAAN APBDES

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2010 dalam perjalanan mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan adanya penambahan pemasukan dan perubahan jumlah pengeluaran per pos. Perubahan yang signifikan dari swadaya masyarakat yang begitu antusias melanjutkan pembangunan Balai Desa. Untuk lebih rincinya dapat dilihat dari table berikut :





BAB  IV
PENUTUP

A.  PERMASALAHAN DAN PROBLEM SOLVING
     1. Hambatan/Kendala dan Permasalahan
dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa, sudah barang tentu menemukan kendala atau hambatan dalam melaksanakan Program pembangunan di Desa. Adapun kendala atau hambatan yang dirasakan adalah sebagai berikut.
a. Kurangnya sumber daya manusia Perangkat Desa sehingga belum optimalnya pelaksanaan tugas Pemerintah Desa.
b. Belum optimalnya Pengupayaan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) berasal dari tanah kas desa yang digunakan oleh sekolah/dinas/kantor dan dari Pungutan Desa.
c. Masih diharapkan bantuan pemerintah untuk pelaksanaan program pembangunan di desa Kadugede khusus pembangunan Balai Desa.

     2. Pemecahan Masalah (Problem Solving)
langkah yang telah ditempuh dalam rangka upaya pemecahan masalah adalah sebagai berikut:
a.  Pembinaan Aparatur melalui Rapat Minggon setiap hari Selasa, pemberian tugas yang jelas, pembinaan Perangkat  Desa dibidang  administrasi dari desa dan dari kecamatan dan tingkat kabupaten . 
b.  Meningkatkan teknik dalam memungut hasil pungutan desa secara baik
c.  Menggali sumber Pendapatan Asli Desa yang lebih baik berdasarkan persetujuan bersama masyarakat Desa Kadugede.
d.  Konsultasi dengan kecamatan, dinas/instansi tingkat kecamatan dan Kabupatenn
e.  Mengadakan pendekatan dan mengajukan permohonan bantuan ke tingkat Kabupaten. 
 

B.  PENUTUP

     1.  Kesimpulan
Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kadugede menyangkut pelaksanaan tugas-tugas Kepala Desa, baik yang menyangkut pelaksanaan program-program pembinaan dan penyelenggaraan bidang pemerintahan, pembangunan dan keamasyarakatan serta pelaksanaan APBDes Tahun 2009.

Adapun kesimpulan dari Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kadugede ini adalah :
a.  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa secara umum berjalan lancar dan baik.
b.  Pelaksanaan pembinaan dan penyelenggaraan bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan tidak akan tercapai tanpa adanya partisipasi dan swadaya masyarakat.
c.  swadaya masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan sangat baik. Terbukti dalam dalam pembangunan yang ada, seperti pembangunan Balai Desa, gang lingkungan, perbaikan mushola, pengaspalan dll.
d. Pengelolaan dan penggalian sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan Desa masih harus ditingkatkan, sehingga peningkatan partisipasi dari lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra kerja sangat diperlukan.
e.    Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa disampaikan kepada Bupati dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban kepada BPD ini disusun sebagai Evaluasi pelaksanaan tugas khususnya Kepala Desa dalam menyelenggarakan Pemerintahan Desa dan sebagai bahan perbaikan ditahun berikutnya.


2. Saran-saran                                     
a.  Diharapkan adanya peningkatan kinerja Perangkat Desa dengan disertai niat berbakti untuk membangun  desa dan mengabdi kepada masyarakat dengan hati ikhlas.
b.  Untuk lebih meningkatkan kemajuan pembangunan desa, diharapkan adanya partisipasi lebih tinggi lagi dari semua komponen.
c. Diharapkan adanya bimbingan dan pembinaan secara berkelanjutan dari semua pihak demi kelancaran pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Desa Kadugede.
d.  Diharapkan kekompakan yang terjalin selama ini antara Pemerintah Desa, BPD, LPM, PKK, Para Ketua RT/RW/Ketua Fordus, Karang Taruna dan seluruh elemen masyarakat dapat dipertahankan.

Demikian laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kadugede untuk menjadi bahan pertimbangan dalam melaksanakan tugas dimasa yang akan datang. Dan tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada BPD, LPM, PKK para ketua RT/RW serta seluruh elemen msayarakat Desa Kadugede yang telah bahu membahu membantu lancarnya penyelenggaraan pemerintahan desa dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemsyarakatan. Semoga amal kebaikan semua pihak mendapat balasan pahala yang berlipat dari Alooh SWT.

Selanjutnya kami mengharapkan saran dan kritik dari Bapak Bupati Kuningan guna perbaikan kinerja ditahun yang akan datang. Pada kesempatan ini saya mengajak dan menghimbau kepada semua komponen masyarakat untuk lebih mempertahankan bahkan meningkatkan partisipasinya dalam membangun Desa Kadugede guna mencipktakan Desa Kadugede termaju di Kecamatan Kadugede Tahun 2014.
   
Sebagai akhir dari Laporan Penyelenggaraan pemerintahan Desa ini, kami menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dan kealpaann selama menjalankan tugas. Dan kami mohon do’a restu semoga tugas pengabdian kami selalu mendapat perlindungan Allah SWT. Dan Semoga Alloh tetap memberikan petunjuk, taufiq serta inayahNya kepada seluruh masyarakat Desa Kadugede. Amin.


    

                                                                                         Kadugede,  Januari  2010
                                                                                          Kepala Desa Kadugede




                                                                                         MAMAN ABDUROHMAN




















                  
Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kadugede Tahun 2010                                                                                   31


2 komentar: